Cegah Covid-19, Pemerintah Arab Saudi Lakukan Aturan Khusus di Mekkah dan Madinah

Home / Berita / Cegah Covid-19, Pemerintah Arab Saudi Lakukan Aturan Khusus di Mekkah dan Madinah
Cegah Covid-19, Pemerintah Arab Saudi Lakukan Aturan Khusus di Mekkah dan Madinah Ilustrasi - Kota Mekkah. (FOTO: bbc.com)

TIMESDENPASAR, ARAB SAUDI – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk melakukan penutupan Kota Mekkah, Madinah dan Riyadh untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kebijakan ini mulai diterapkan Pemerintah Arab Saudi setelah semakin meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi Corona yakni sebanyak 767 orang. Otoritas setempat akhirnya mengeluarkan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud mengatakan pada Rabu (25/3/2020) bahwa orang-orang dari 13 provinsi di Kerajaan Arab dilarang meninggalkan atau masuk ke wilayah Makkah, Madinah, dan Riyadh atau pindah ke wilayah lain.

Namun, mulai Kamis (26/3/2020), masyarakat pun tak boleh bepergian lewat pukul 15.00 waktu setempat. Dalam akun Instagram informasi Kemenlu, @safetravel.kemlu, Pemerintah Arab Saudi, juga memberlakukan jam malam yaitu mulai pukul 15.00 waktu setempat.

Batas waktu ini lebih awal jika dibandingkan pemberitaan sebelumnya yang menyebutkan jam malam berlaku mulai 19.00 waktu setempat mulai Kamis (26/3/2020) sampai akhir periode jam malam diumumkan oleh Raja.

"Kerajaan mengeluarkan perintah larangan orang memasuki atau keluar masuk dari perbatasan Makkah, Madinah, dan Riyadh. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai upaya yang lebih besar untuk mencegah penyebaran virus Corona," tulis @safetravel.kemlu.

Meski demikian, aturan jam malam selama pandemi Covid-19 ini tidak berlaku untuk karyawan swasta dan publik yang vital, seperti petugas keamanan, militer, kesehatan dan media. Untuk menertibkan pelaksanaan jam malam, pihak Arab Saudi juga menggandeng otoritas sipil dan militer. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com