Presiden RI Jokowi Ingin Program Pemulihan Ekonomi Cegah PHK Masif

Home / Berita / Presiden RI Jokowi Ingin Program Pemulihan Ekonomi Cegah PHK Masif
Presiden RI Jokowi Ingin Program Pemulihan Ekonomi Cegah PHK Masif Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).

TIMESDENPASAR, JAKARTAPresiden RI Jokowi meminta, program pemulohan ekonomi nasional harus memberikan manfaat kepada sektor industri padat karya agar mereka mampu beroperasi dan mencegah PHK masif.

Hal itu dikatakan Kepala Negara dalam rapat terbatas 'Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Perubahan Postur APBN 2020' melalui telekonferensi, Rabu (3/6/2020).

"Program pemulihan ekonomi nasional (harus) memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha, utamanya sektor industri padat karya agar mereka tetap mampu beroperasi, ini penting dan mencegah PHK yang masif," ucapnya.

Skema pemulihan ekonomi pemerintah, lanjut Presiden, harus mampu mempertahankan daya beli para pekerja khususnya pada sektor industri padat karya.

"Sektor industri padat karya perlu menjadi perhatian. Hati-hati sekali lagi untuk industri padat karya, karena sektor ini menampung tenaga kerja yang sangat banyak, sehingga goncangan pada sektor ini akan berdampak pada para pekerja dan tentu saja ekonomi keluarganya," jelasnya.

Presiden menginstruksikan jajarannya segera mengeksekusi program pemulihan ekonomi dengan cepat di tengah pandemi corona. Ia tidak ingin pertumbuhan ekonomi di kuartal berikutnya semakin anjlok.

"Saya minta semua skema pemulihan ekonomi yang sudah dirancang seperti subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, PMN untuk BUMN dan investasi pemerintah untuk modal kerja, saya minta dan saya ingin pastikan ini harus segera operasional di lapangan segera dilaksanakan," ujarnya.

Menurutnya, kuartal pertama ekonomi Indonesia hanya mampu tumbuh 2,97 persen. Kuartal kedua, ketiga dan keempat, kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi.

"Tidak sampai minus, dan bahkan kita harapkan kita pelan pelan mulai bisa rebound," tandas Presiden RI Jokowi yang berharap program pemulihan ekonomi bisa mencegah PHK masif. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com