Rutin Konsumsi Kacang Kedelai, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Home / Gaya Hidup / Rutin Konsumsi Kacang Kedelai, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung
Rutin Konsumsi Kacang Kedelai, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung Ilustrasi - Tips menjaga kesehatan jantung (FOTO: new Africa/Shutterstock))

TIMESDENPASAR, JAKARTAKacang kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik dan kandungan nutrisinya diketahui dapat mendukung kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung.

Salah satu kandungan dalam kacang kedelai yang berjasa dalam menjaga kesehatan jantung adalah isoflavon, yaitu suatu bentuk dari fitoestrogen (hormon tanaman yang secara kimiawi mirip hormon estrogen manusia).

Melansir dari Klik Dokter, berikut manfaat kacang kedelai untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Pada penelitian yang dimuat dalam “British Journal of Nutrition”, kacang kedelai beserta semua produk olahannya mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL).

Kadar LDL yang tinggi berarti ada penumpukan lemak pada arteri, sehingga bisa memicu penyakit jantung.

Sebetulnya temuan penelitian tersebut bukan satu-satunya. Di tahun 90-an, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan konsumsi 25 gram protein kedelai untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Memelihara kondisi pembuluh darah

Pembuluh darah yang bermasalah akan mencetuskan berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung, stroke, dan lain lain. Kabar baiknya, isoflavon dapat meningkatkan sirkulasinya.

Antioksidan dari kedelai dapat menjaga tubuh dari radikal bebas. Kombinasi antara radikal bebas dan kolesterol jahat akan menyebabkan peradangan di pembuluh darah. Sehingga, jika radikal bebas sudah ditangkis sejak awal, kerusakan pembuluh darah tidak sampai terjadi.

3. Melancarkan aliran darah ke jantung

Jantung bertugas untuk mengedarkan darah, oksigen, serta berbagai komponen penting lainnya ke seluruh tubuh.

Penelitian yang diterbitkan di “AME Medical Journal” menyebut, isoflavon dan sterol dari kacang kedelai dapat menjaga kesehatan jantung, khususnya melancarkan sirkulasi darah pada jantung dengan cara melebarkan pembuluh darahnya. Alhasil, aliran darah dari dan ke seluruh tubuh lancar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com