6 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Home / Gaya Hidup / 6 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung
6 Makanan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung ILUSTRASI - Makanan Sehat untuk kesehatan jantung. (FOTO: Shutterstock)

TIMESDENPASAR, JAKARTA – Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak. Meski demikian, penyakit jantung bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Salah satu cara mengurangi risiko serangan jantung adalah dengan konsumsi makanan sehat.

1. Buah berries

Stroberi, bluberry, cranberry, raspberry, dan jenis buah berry lainnya ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi namun juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah berry juga memiliki fitonutrien yang merupakan senyawa yang dapat melindungi kerja jantung.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang cukup tinggi yang baik bagi kesehatan jantung. Konsumsi kacang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dimana LDL yang tinggi memicu resiko tinggi penyakit jantung. Manfaat lainnya yaitu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang memicu serangan jantung. Jadi coba ganti cemilanmu dengan kacang almond atau hazelnut.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale sudah sangat terkenal akan manfaat kesehatannya. Sayuran ini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan mereka mengandung vitamin K yang tinggi, yang dapat membantu melindungi arteri dan mencegah penyumbatan darah.

4. Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak sehat yang baik untuk jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi pada 17.567 orang yang mengonsumsi alpukat secara rutin risiko terkena sindrom metabolik lebih rendah. Buah ini juga kaya akan potasium, nutrisi yang esensial bagi kesehatan jantung.

5. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang mampu melawan inflamasi pada organ jantung. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan oksidatif di jantung dan pembuluh darah.

Studi menemukan kadar likopen yang rendah di dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

6. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, kembung, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan konsumsi salmon tiga kali seminggu menurunkan tekanan darah sistolik.

Itulah enam makanan sehat yang bisa mencegah risiko terkena serangan jantung. Selalu jaga makanan Anda dan lakukan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga agar tidak berisiko mengalami penyakit jantung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com