7 Keunikan Bali, Destinasi Wisata Dunia di Indonesia

Home / Wisata / 7 Keunikan Bali, Destinasi Wisata Dunia di Indonesia
7 Keunikan Bali, Destinasi Wisata Dunia di Indonesia wisata Pantai Uluwatu. (foto: Instagram.com/fillej_bball/)

TIMESDENPASAR, BALI – Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Pulau ini dikenal dengan adat yang sangat kental, dan keindahan alam yang sangat indah. Berikut 7 keunikan Provinsi Bali, yang perlu diketahui oleh para wisatawan: 

1. Dijuluki Pulau Seribu Pura

Pulau Bali dikenal dengan julukan Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Hal ini didukung dengan mayoritas penduduk yang menganut agama Hindu, sehingga ribuan pura tersebar di seluruh wilayah Bali. Selain dijadikan tempat ibadah umat Hindu, beberapa pura yang ada di Bali bahkan telah menjadi ikon pariwisata yang menampilkan keindahan serta keunikan arsitektur bangunan dari masa kerajaan Bali. Sebagian besar pura Hindu, selain menawarkan keindahan arsitektur juga lokasinya yang unik. 

2. 13 Kali Meraih The Best Island in Asia Pasific 

13 kali Bali meraih penghargaan internasional sebagai The Best Island in Asia Pacific versi Destin Asian Magazine Readers’ Choice Awards 2018. Penghargaan diterima Asdep Promosi Greater China Kementerian Pariwisata RI, Vinsensius Jemadu, di Hotel Island Shangri la HongKong. Terpilihnya Bali bukan tanpa sebab. pulau Dewata mempunyai kekayaan destinasi wisata yang sangat lengkap. Destinasi alam, budaya, sejarah, maupun buatan manusia, semuanya ada di Bali. 

3.Perayaan Hari Raya Nyepi

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Sebelum hari raya Nyepi masyarakat Hindu secara serempak biasanya memeriahkan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan Buta Kala yang diarak keliling lingkungan, dan kemudian dibakar. Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.

4.Tradisi Ngaben Umat Hindu

Ngaben merupakan upacara kremasi atau pembakaran jenazah di Bali, Indonesia. Dalam upacara ini, tidak ada air mata karena mereka menganggap bahwa jenazah hanya tidak ada untuk sementara waktu dan menjalani reinkarnasi atau akan menemukan peristirahatan terakhir di Moksha yaitu suatu keadaan dimana jiwa telah bebas dari reinkarnasi dan roda kematian. Upacara ngaben ini juga menjadi simbol untuk menyucikan roh orang yang telah meninggal.

5.Memiliki Tol di Atas Laut terpanjang di Indonesia, Tol Bali Mandara

Jalan tol yang membentang sepanjang 12,7 kilometer ini menghubungkan segitiga emas (triangle connection), yaitu Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua. Jalan tol ini melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Jalan tol Bali Mandara merupakan jalan tol pertama di Bali dan jalan tol kedua di Indonesia yang dibangun di atas laut. Jalan tol ini diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013. Selain fungsinya sebagai jalan tol, Bali Mandara juga menjadi karya arsitektur yang indah dengan tetap mengangkat identitas tradisi Bali. 

6.Memiliki Hari Libur Terbanyak

Dalam kalender Bali, fakta memang terlihat banyak libur. Karena sejumlah hari raya besar keagamaan tentunya setiap orang ingin libur dari tempat kerjanya, sejumlah hari raya besar agama di Bali diantaranya hari raya Galungan, Kuningan, Nyepi, Pagerwesi, Saraswati serta sejumlah upacara besar seperti piodalan (pujawali) pada sebuah pura yang mengharuskan untuk libur. Ditambah lagi dengan libur hari raya umat Islam dan umat lainnya. 

7.Terdapat Pemakaman Unik yang Mistis

Trunyan merupakan salah satu desa yang berada daerah Kintamani. Destinasi ini terkenal dengan tradisi pemakaman yang unik. Biasanya pemakaman selalu identik dengan peti atau kain kafan, tapi tidak begitu di Trunyan. Mayat hanya diletakkan begitu saja di atas tanah. Bukan sembarang tanah, warga Trunyan meletakkan mayat di bawah sebuah pohon yang sudah bertahun-tahun tumbuh di sana. Kendati dibiarkan terbuka tanpa tertimbun tanah, mayat yang ada di makam Trunyan ini tidak menimbulkan bau busuk. Malah bau harum yang tercium. bau harum tersebut berasal dari pohon besar bernama Taru Menyan yang berada di tengah makam. Warga sekitar pun percaya jika akar dari pohon ini yang menyerap bau busuk dari mayat.

Tertarik untuk menikmati fakta keistimewaan Provinsi Bali? Yuk segera luangkan waktu berlibur ke wilayah ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com